Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Berlibur Aman dan Nyaman Bagi Disabilitas

 Kita semua senang pergi berlibur, terutama saat kita pergi ke luar negeri, tapi bagi sebagian orang terbang bisa sangat bermasalah. 

Jika Anda menderita kecacatan atau disabilitas maka Anda perlu membuat beberapa rencana lebih banyak daripada orang yang berbadan sehat. Bagi banyak penyandang disabilitas, perjalanan jarak jauh dapat dengan cepat menjadi mimpi buruk, terutama jika Anda belum mempersiapkan dengan benar, maka di bawah ini Anda akan menemukan beberapa tip yang akan membantu Anda memulai liburan dengan baik.

Persiapan sebelum liburan


  1. Pastikan Anda memiliki cukup obat untuk bertahan selama liburan ditambah satu minggu ekstra
  2. Selalu letakkan obat Anda di tas tangan Anda, jangan biarkan obat itu masuk ke dalam tas.
  3. Di beberapa negara di Timur Tengah dan Asia, pengobatan yang mungkin legal di AS dan Eropa mungkin tidak legal di sana, jadi periksa secara online.
  4. Beberapa negara mengharuskan Anda untuk membawa surat dokter yang mengonfirmasi pengobatan Anda, sekali lagi Anda perlu memeriksa secara online dengan persyaratan medis negara tersebut.
  5. Pastikan Anda telah memberi tahu maskapai penerbangan bahwa Anda dinonaktifkan dan bahwa Anda akan membutuhkan kursi roda atau bantuan lainnya, Anda harus melakukannya saat memesan. Jika Anda belum meneleponnya secepat mungkin dan mereka akan mencatatnya untuk Anda.
  6. Selain itu, saat Anda memesan, pesan 'makanan khusus' karena ini berarti Anda akan mendapatkan makanan Anda sebelum orang lain, dan oleh karena itu selesaikanlah lebih dulu agar Anda lebih mudah mengakses toilet, jika tidak, Anda akan mengantri setelah makanan disajikan.

Penerbangan yang Nyaman

  1. Liburan Anda dimulai segera setelah Anda berangkat ke bandara dan jika Anda cacat dan memiliki penerbangan pagi hari maka ini dapat menimbulkan masalah, terutama dengan orang-orang yang membutuhkan waktu untuk pengobatan untuk bekerja dan persendian untuk mereda. Jauh lebih baik jika Anda bermalam di hotel bandara, dengan begitu Anda bisa lebih lama di tempat tidur dan hanya perlu beberapa menit untuk sampai ke check-in, dan Anda akan tiba dengan lebih santai.
  2. Pastikan pada saat check-in mereka memesan kursi roda Anda, atau hubungi bantuan untuk membantu Anda, ini gratis di sebagian besar bandara.
  3. Anda seharusnya tiba di gerbang Anda dengan banyak waktu luang, jadi jika asisten meninggalkan Anda di kedai kopi di bandara, jangan khawatir mereka tidak melupakan Anda.
  4. Begitu sampai di gerbang, orang tua, penyandang cacat, dan mereka yang membawa anak-anak diizinkan untuk naik terlebih dahulu.
  5. Saat pintu ditutup, jika penerbangan tidak penuh dan Anda melihat kursi yang lebih baik, hubungi pramugari dan tanyakan apakah Anda boleh pindah, biasanya mereka akan menjawab ya.
  6. Jika Anda perlu mengganti penerbangan, asisten akan ada untuk membantu Anda, tetapi Anda harus menunggu orang lain meninggalkan pesawat.


Ingatlah bahwa terbang bisa menjadi sakit di punggung bagi orang yang bertubuh sehat, tetapi jika Anda mengikuti tip ini maka setidaknya Anda akan jauh lebih rileks dan nyaman untuk 

Semoga liburan bersama keluarga mu menyenangkan. Karena saat ini masa pandemi, kamu cek tips lainnya tentang tips liburan disaat pandemi

2 komentar untuk "12 Tips Berlibur Aman dan Nyaman Bagi Disabilitas"

Terimakasih sudah membaca artikel dari pejalanwisata.my.id, gunakan kolom komentar dengan bijak. Link aktif akan kami hapus